Monday 23 April 2012

Almond and Orange Cake


Cake dengan rasa unik ini pertama kali ngerasainnya di Huges shop, Canberra. Rasanya bikin ketagihan buat saya yang tidak terlalu suka cake dengan rasa yang terlalu manis. Rasa manisnya tersamar dengan rasa kulit Navel orange yang sedikit ‘pahit’ J Kemudian keunikan lainnya, cake ini serupa pula dengan pudding bakar, sebab teksturnya yang basah, lembut banget pas masuk di mulut hehe. Wanginya, hmmmm orange banget. Ini resepnya, silahkan dicoba…happy baking yaa ^^

Bahan:
-          2 buah jeruk (Navel orange) atau di Indonesia dikenal dengan jeruk Sunkist. Pilih jeruk dengan kulit yang masih mulus, sebab akan kita gunakan keseluruhannya.
-          5 butir telur
-          250 gr caster sugar/gula kastor (jika tidak ada bisa menggunakan gula biasa)
-          250 gr tepung almond (jika tidak ada bisa menggunakan kacang almond yang diblender sampai halus)
-          1 sdt baking powder
-          Gula halus untuk taburan

Cara membuat:
-Rebus jeruk sampai airnya mendidih, buang airnya. Rebus kembali sampai jeruk lembek. Jeruk ini direbus dua kali dengan tujuan menghilangkan getah yang berlebihan agar tidak terlalu pahit.
-Jika sudah agak dingin, potong-potong jeruk tanpa membuang kulitnya, hanya bijinya jika ada. Blender sampai lembut / menjadi pure. Sisihkan.
-Kocok/mixer telur bersama gula kastor sampai mengembang (tapi tidak terlalu mengembang seperti membuat cake biasa, cukup sampai berbusa dan mengental).
-Kemudian tambahkan pure jeruk, tepung almond dan baking powder. Aduk hingga rata dengan spatula.
-Tuangkan ke dalam loyang yang telah dilapisi baking paper, panggang dengan suhu 170° kurang lebih selama 1 jam. Lakukan tes tusuk, jika adonan tidak melekat di lidi, maka tandanya cake sudah masak, jika masih ada yang menempel, tunggu beberapa saat.
-Angkat dan biarkan cake di dalam Loyang sampai 20 menit dan keluarkan. Taburi dengan gula halus dan sajikan.

0 comments:

Post a Comment

 

Catering Zetazone's Recipes Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template