Monday 23 April 2012

Gudeg


Susaaahhhh banget nyari resto Indonesia yang jual gudeg di Canberra…daripada ngiler, ya udah  saya ubek-ubek lagi deh dapur mungil ^^. Alhamdulillah resep gudeg yang satu ini sudah pernah jadi menu catering di acara Dompet Dhuafa Canberra di KBRI..:)…Saya juga biasa nambahin tulangan di gudeg biar lebih gurih hehe…Yang mau coba, silahkan dipantengin resep di bawah ini yaaa…

Bahan:
250 gr tulangan (biasanya saya beli beef curry)
2 kaleng nangka muda, kalau di Indo sekitar ¼ buah kali yaa..
5 butir telur rebus
4 sachet teh celup (yang plain tanpa wangi-wangian soalnya ini pengganti daun jati-nya hehe)
2 sdm gula merah
1 sdm garam (sesuai selera, kadang kalo rasanya kurang pas saya tambahin sedikit)
1 sdt asam
4 lbr daun salam
500 ml santan (saya pake Kara, karena sejauh ini menurut saya cuma Kara yg wangi santannya lebih maknyus, bukan ngiklan loo)

Bumbu halus:
½ siung red onion (kalau di Indo sekitar 8 siung)
5 siung bawang putih
8 buah kemiri
1 sdm lengkuas bubuk
1 sdm ketumbar

Cara membuat:
-          Keluarkan nangka dari kaleng, cuci dan tiriskan. Masukan ke dalam panci bersama tulangan, tambah air sampai semua bahan terendam. Masukan telur rebus dan 2 teh sachet, rebus sampai mendidih.
-          Ambil teh sachet dari rebusan, sisihkan.
-          Masukkan bumbu halus, santan, gula merah, garam, asam dan daun salam, serta 2 sachet teh yang belum digunakan. Masak kembali hingga air meresap.

0 comments:

Post a Comment

 

Catering Zetazone's Recipes Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template