Tuesday 24 April 2012

Chicken Karahi (Pakistan)


Pertengahan tahun 2011, saya diminta seorang teman untuk membuat kue-kue traditional Indonesia untuk meramaikan Cultural Night di Toad Hall, ANU. Ini acara seni dan budaya para penghuni asrama kampus dimana salah satu agendanya adalah festival makanan dari seluruh dunia. Saat itu saya ikut membantu menjaga stall dimana stall kami tepat berdampingan dengan students dari Pakistan. Sesekali saya mencium wangi rempah yang semerbak dari panci mereka. Selama ini saya pikir masakan Pakistan pasti mirip-mirip lah dengan masakan India. Tapi panci yang satu itu wanginya lebih segar. Ada perpaduan wangi masakan India dan Thailand di sana. Penasaran, saya tanpa malu-malu menawarkan sepiring nasi uduk dari stall kami kepada salah seorang penjaga stall Pakistan. Tapi jangan GeEr dulu, batin saya, ini bukan gratis alias kudu barter dengan penghuni panci yang sudah buat saya penasaran :D

Si penjaga yang mirip banget sama pemain film Bollywood itu ternyata sudah membaca gelagat saya XD…Dengan ramah dia menawarkan kepada saya untuk mengambil makanan di stall mereka. Maka dengan sigap saya langsung menuju si panci penggoda. Saya sengaja tidak mencampur makanan jika ingin mencicipi dan menguji lidah saya agar lebih peka dengan rempah dan rasa. Si penjaga stall terheran-heran.  Saya berkonsentrasi dan menerka-nerka, yang pasti ada cabe, jintan, jahe dan coriander leaves. Agar tidak salah, saya menanyakan si penjaga nama masakan tersebut. Ternyata si penjaga tidak tahu karena bukan dia yang memasak dan parahnya dia memang dari negeri Bollywood seperti terkaan saya…haaaaaa ternyata sama-sama pengunjung XD…maluuuuuuuuu banget rasanyah…

Eniweh, perburuan resep tidak berhenti. Beberapa hari berikutnya, saya berburu si chef di Toad Hall. Alhamdulillah ketemu, dan dia terbahak-bahak waktu saya cerita perjalanan berburu resep…akhirnya saya tahu nama asli masakan tersebut: Chicken Karahi (tapi dibaca Karhai)…hahaha… Nih saya kasih resepnya tanpa harus malu seperti sayah XD….

Bahan:
-          ½ ekor ayam, potong-potong dengan ukuran kecil.
-          3 buah tomat, potong dadu
-          4 siung bawang putih, haluskan.
-          4 buah cabe besar yang hijau, rajang kasar.
-          2cm jahe, iris halus
-          2 sdm cabe bubuk, sesuaikan selera pedas masing-masing
-          1 ½  sdt garam, sesuaikan.
-          1 sdt merica bubuk
-           1 sdt jintan bubuk
-          ½ gelas air
-          Coriander leaves (daun ketumbar) dirajang untuk taburan.
-          Minyak untuk menumis

Cara membuat:
-Panaskan wajan, tumis bawang putih halus dan irisan jahe. Masukkan ayam, masak sampai ayam berubah warna kecoklatan.
-Masukkan tomat, cabe hijau, cabe bubuk, garam, merica, jintan dan air. Aduk-aduk dan masak sampai air meresap dan ayam matang sempurna. Angkat, sajikan dengan taburan coriander leaves.

0 comments:

Post a Comment

 

Catering Zetazone's Recipes Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template